[REVIEW] Masjid Amin Miniarti di Sulawesi Barat, Miliki 5 Kubah Keemasan

redaksi
2 Min Read

SUARA MASJID | Muna–Seorang suami di Muna Barat, Sulawesi Tenggara menunaikan wasiat mendiang istrinya untuk membangun sebuah masjid. Bahkan dia membangun masjid tersebut dengan mewah berlantai dua dengan lima kubah.

Suami yang menolak disebut namanya itu membangun masjid tersebut di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat. Masjid itu diberi nama sesuai nama mendiang istrinya yakni Masjid Amin Miniarti. “Memang ini gagasan dari istrinya almarhum,” kata Camat Kusambi, Ali Jaya.

Dia bercerita, istri dari suami tersebut berkeinginan membangun masjid pada 2019 saat sedang menjalankan ibadah umrah. Pada November 2020, sebulan sebelum istrinya meninggal dunia, masjid itu mulai dibangun. “Alhamdulillah berjalan tak sampai dua tahun,” katanya.

Masjid berlantai dua tersebut memiliki luas total 289 meter persegi. Mewahnya masjid tersebut terlihat dari kemegahan arsitekturnya yang memiliki lima kubah menjulang di atas masjid.

Empat kubah berukuran kecil berada di empat penjuru masjid, dan kubah utama tepat berada di tengah. Kubah utama yang berukuran besar itu dibalut dengan warna kuning keemasan.

Tak cuma megah di luar, bagian dalam masjid juga tampak megah dengan interior dan ornamen yang memanjakan mata. Interior masjid didominasi warna putih dengan perpaduan hijau lumut.

Terdapat ukiran kaligrafi berwarna keemasan di langit-langit masjid. Sebuah lampu hias berukuran besar mempercantik interiot masjid berada tepat di tengah masjid.

Mimbar berwarna keemasan menambah kesan mewah masjid ini, Toilet dan tempat wudhu masjid ini juga luas seperti masjid-masjid besar di perkotaan.

Kendati dibangun dengan kocek pribadi, sang pemilik masjid tidak akan mengklaim masjid sebagai miliknya seorang diri. Masjid itu terbuka untuk siapapun yang ingin beribadah di tempat ini. Ali Jaya berharap, masjid berkapasitas 450 jemaah ini bisa menjadi ikon reliji di Muna Barat. [fro]

⇒ Kunjungi dan Dapatkan Berita Seputar Masjid dengan Cepat di ⇒ GOOGLE NEWS ⇐

Share This Article
Translate »