Tahun 2027, Thailand Bertekad jadi 5 Besar Tujuan Wisatawan Muslim

redaksi
2 Min Read
Wisata Thailand menggeliat

SUARA MASJID | Thailand–Meski mayoritas pendudukan Thailand (95%) adalah penganut Budha, negara ini bertekad menjadi salah satu dari lima besar tujuan wisata Muslim pada tahun 2027. Thailand telah menerapkan beberapa inisiatif untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim, demikian dikutip Bernama.

Wakil Juru Bicara Pemerintah Thailand, Rachada Dhanadirek mengatakan, pemerintah negara itu memprioritaskan segmen dan pasar wisata Muslim, mengingat negara tersebut menjadi tujuan utama wisatawan Muslim dari seluruh dunia.

“Tahun lalu, lebih dari tiga juta wisatawan Muslim berkunjung ke Tanah Air, yang sebagian besar adalah wisatawan dengan daya beli tinggi,” kata Rachada dalam sebuah pernyataan.

“Menurut survei MasterCard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index 2022, Thailand menempati urutan ketiga sebagai negara/negara bagian/wilayah non-Muslim yang populer di kalangan wisatawan Muslim, di belakang Singapura dan Taiwan,” katanya.

Rachada mengatakan pelaku usaha jasa pariwisata, badan publik dan pihak lain yang berminat dapat mengikuti pelatihan yang diberikan mengenai sikap dan karakteristik wisatawan Muslim, serta bagaimana mereka membentuk produk dan layanan wisata yang sesuai dengan kebutuhan.

“Pelatihan dilakukan bagi peserta untuk mengetahui rencana strategis lima tahun pemerintah tentang capacity building untuk promosi pasar wisata Muslim (2023-2027),” ujarnya.

Kelima strategi tersebut adalah standarisasi operasi segmen pariwisata, pengembangan produk, layanan dan kegiatan pariwisata; mempromosikan penggunaan teknologi; mengintegrasikan kerjasama antar instansi terkait; serta meningkatkan peluang pasar dan kesadaran akan kesediaan Thailand untuk menerima wisatawan Muslim.

“Diharapkan pemerintah selanjutnya tetap mendukung rencana strategis lima tahun untuk menjadikan Thailand sebagai salah satu dari lima besar destinasi wisata Muslim pada 2027, sesuai target,” imbuhnya.

Thailand menargetkan setidaknya 30 juta wisatawan untuk mengunjungi negara itu tahun ini dan membelanjakan 1,5 triliun baht, menurut proyeksi Dewan Pariwisata. [fat]

⇒ Kunjungi dan Dapatkan Berita Seputar Masjid dengan Cepat di ⇒ GOOGLE NEWS ⇐

Share This Article
Translate »